Kampus Cyber di Kalimantan Universitas Tanjungpura namanya

Sekarang sudah masuk era revolusi industri 4.0. semua informasi berubah secara cepat, dari segala bidang seperti pertanian,pertambangan juga termasuk ilmu pengetahuan didalamnya. Bukan hanya dirasakan oleh negara-negara maju, juga berpengaruh kepada negara berkembang.
Revolusi industri sekarang mau tidak mau harus dihadapi. Jangan gaptek alias gagap tekhnologi untuk menghadapinya. Karena memang sekarang semua serba cepat, era disruptif sehingga memunculkan terciptanya peluang-peluang baru. Era digital ini bukan hanya berpengaruh di bidang industri saja, tetapi juga sudah masuk ke segala penjuru kehidupan manusia tanpa terkecuali, termasuk kedalam dunia pendidikan.

Di era digital seperti sekarang ini, dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi bersaing untuk menjadikan kampus berbasis teknologi. Ini dilakukan untuk mewujudkan supaya kampus tersebut bisa mendapat gelar “word class university” . kampus cyber atau cyber university sudah lama sejak 2018 digaungkan oleh Menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Menristekdikti) kala itu Bapak Mohamad Nasir.

Apa sih Kampus Cyber itu?

Kampus cyber adalah upaya untuk menjadikan universitas kampus berbasis teknologi informasi. Upaya itu digunakan semua lini universitas, mulai dari pembelajaran, kurikulum, pelayanan, dan yang lainnya dengan berbasis teknologi. Selain itu kampus cyber juga sudah memiliki website atau situs khusus kampus. Darisana mahasiswa dan calon mahasiswa bisa melihat informasi yang berhubungan dengan kampus mereka. Ada lagi Sistem Informasi Akademik atau dikenal SIAKAD.

Di sistem ini mahasiswa bisa menginput KRS secara online, nah jadi bisa mengisi KRS dimanapun mahasiswa berada. Jadi walaupun masih mudik masih bisa isi KRS dan mahasiswa bisa melihat KHS nya. Malah dalam hal payment alias pembayaran kuliah bisa dilakukan secraa online, sperti ATM atau mobile banking. Intinya dengan adanya kampus cyber ini bisa membantu kegiatan mahasiswa dan manajamen.

Dengan adanya kampus cyber ini, maka dunia pendidikan di universitas akan lebih maju dan modern. Karena telah mengimplementasikan sistem berbasis informasi teknologi. Kampus cyber juga menerapkan E-Learning untuk pembelajarannya.
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

UNTAN atau Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959, dahulu UNTAN dibawah Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai universitas swasta. Para pendiri nya adalah pemuka masyarakat dan tokoh-tokoh politik kalimantan barat. Pada saat pertama berdiri, kampus ini hanya mempunyai dua fakultas. Fakultas Tata Niaga dan Fakultas Hukum. Tenaga pengajar nya pada masa itu adalah sarjana-sarjana muda yang ada di Kalimantan Barat.

Sekarang sudah menjadi kampus negri di Pontianak, UNTAN beralamat di Jl Prof Dr.Hadari Namawi / Jendral Ahmad Yani Pontianak Kalimantan Barat. Kampus UNTAN punya ciri khas yang mudah diingat yaitu terdapat Tugu Digulis yang ada didepan kampus.

Ketika dunia sudah memasuki era digital, sejak saat itu pula teknologi sudah menjadi bagian kehidupan dan membuat tugas manusia jadi lebih mudah. Karena semua sudah berubah ke bentuk digital. Jaringan internet yang semakin mudah diakses memberikan kemudahan untuk bekerja dari rumah atau dengan kata lain bisa remote. Mahasiswa Kampus UNTAN tidak mau kalah dengan kampus cyber lainnya. mereka menyelenggerakan event untuk menghadapi revulusi industri 4.0.

Revolusi ini bisa menggantikian manusia dengan mesin. Karena banyak bermunculan robot pintar, super komputer, kendaran tanpa driver. UNTAN sedang Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University yang menjadi tantangan untuk seluruh kampus di Indonesia. Karena dengan membangun ekosistem digital, maka kampus UNTAN akan bersaing bukan hanya di Indonesia tapi jugta taraf internasional.

Kesungguhan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university dibuktikan dengan membuat tim peningkatan peringkat Kemenristekdikti dan peringkat Webometrics dengan memulai kegiatan yang dimulai awal tahun 2020 ini seperti peningkatan kerja inovasi mahasiswa, kerja sama perguruan tinggi dan juga izin belajar, pengelolaan PD Dikti, Spda dan Shinta.

UNTAN juga sedang melakukan lomba Blog, membuat gerakan Dosen nge Blog, kerjasama pembuatan web sekolah, meng update konten website untan.ac.id itu semua dilakukan untuk melaksanakan misi UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Nah, ada info tambahan jika ingin mendapatkan penghasilan dengan cara menulis dibayar bisa langsung kunjungi artikel ini : Tips Menulis

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *