Apa Manfaat Perusahaan BPO untuk Industri Keuangan

Bisnis Anda bergerak di industri keuangan? Membutuhkan partner bisnis untuk menghandle customer service? Ya, kali ini akan kami rekomendasikan salah satu penyedia layanan perusahaan BPO yang sudah berpengalaman dalam menghandle departemen customer service pada industri keuangan.

Perusahaan BPO (Business Process Outsourcing) adalah perusahaan yang memiliki tugas untuk mengalihdayakan fungsi atau tugas sebuah departemen. Alihdaya atau outsourcing ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan karena pihak ketiga yang dipilih memang sudah memiliki jam terbang dan tenaga ahli yang sudah teruji.

Salah satu industri yang banyak menggunakan perusahaan BPO adalah industri keuangan. Industri keuangan bisa dikatakan meliputi: perbankan, asuransi, sekuritas, lembaga pembiayaan, dll. Industri keuangan ini diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga masyarakat merasa aman dalam menyimpan uangnya di industri ini.

manfaat bpo untuk industri keuangan

Jika ditanya, kapankah sebuah industri keuangan bisa menggunakan layanan BPO? Jawabannya lebih awal akan lebih baik. Karena perusahaan akan melakukan penghematan besar-besaran ketika memulai bisnis dibandingkan harus menyiapkan semuanya dari nol dan tentunya hal ini lebih menguntungkan dibandingkan kita membangun departemen tersebut dari awal.

Nah, salah satu industri yang kompleks adalah perbankan dan fintech. Misalnya jika kita menyorot departemen khusus yaitu contact center. Sebagaimana yang kita tahu contact center adalah wajah sebuah perusahaan. Pelanggan akan menghubungi contact center ketika ingin mengetahui info promo yang sedang berjalan, komplain, kebingungan akan sebuah fitur atau hal-hal lain yang terkait dengan produk/jasa dari perusahaan.

Memakai contact center sebagai pendongkrak brand awareness sebuah perusahaan adalah sebuah langkah tepat. Tidak sekedar brand awareness melainkan juga menambah rasa percaya karena layanan contact center hadir 24 jam dan siap melayani setiap panggilan yang masuk. Tidak hanya panggilan saja melainkan chat, email, atau pertanyaan apapun dari pelanggan Anda. Nah, dari tahap awal ini Anda dapat mengukur respon masyarakat terhadap produk Anda. Dari awalnya hanya beberapa line yang dibuka, selanjutnya Anda dapat menambah layanan lagi jika dirasa sistem perlu diupgrade.

Dengan menggunakan contact center Anda dapat juga mengukur berapa panggilan yang masuk per bulan, dan berapa rata-rata per harinya. Termasuk hari dan jam-jam sibuk yang penuh dengan telepon masuk. Anda dapat juga memetakan berapa telpon terkait debitur, program keuangan, layanan asuransi dll per bulannya. Jadi, hal ini dapat dijadikan juga sebagai data untuk menyiapkan strategi marketing untuk bulan berikutnya.

Nah, berikut adalah manfaat jika Anda menggunakan BPO:

  1. Penghematan biaya. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia keuangan pastilah penghematan disegala sisi sangat diperlukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan perusahaan BPO untuk menunjang bisnis kita. Anda dapat menggunakan layanan contact center, customer service, help desk, verifikasi, teknologi dll. Penghematan terjadi karena Anda tidak perlu menyiapkan infrastruktur pendukung untuk membangun sebuah departemen.
  2. Mengurangi resiko. Hal ini karena Anda sudah menggunakan tenaga ahli dalam mengelola departemen tersebut. Perusahaan tidak dipusingkan dengan rekrut karyawan baru, pembelian alat, teknologi atau maintenance.
  3. Anda dapat fokus ke bisnis utama dibandingkan harus memikirkan departemen pendukung yang dapat diserahkan ke perusahaan BPO. Fokus dan inovasi ke produk utama akan sangat diperlukan apalagi jika Anda berkecimpung di dunia startup. Dengan menggunakan layanan perusahaan BPO maka Anda akan menghemat banyak waktu, biaya dan tenaga

Nah, salah satu perusahaan yang menyediakan layanan perusahaan BPO adalah CallON. CallON dibawah PT Solusi Tiga Selaras (Solutif) sudah melayani banyak industri termasuk yang bergerak di industri keuangan seperti: Maybank, Majoo dll. Anda tak perlu khawatir karena CallON sudah memiliki tim ahli, infrastruktur bahkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan Anda. Percayakan kebutuhan contact center, customer service, sales, marketing, teknologi, help desk, verifikasi, survey bahkan back office pada CallON.

Untuk info lebih lanjut hubungi tim CallON di (021) 5021 1001. Pastikan Anda memilih CallON sebagai partner bisnis Anda.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *